Metode Six Sigma Dan Kepuasan Pelanggan

Posted by

|Pengertian Metode Six Sigma|
Six Sigma adalah suatu cara untuk mengukur kemungkinan perusahaan dapat membuat
atau menghasilkan berbagai jumlah unit yang ditentukan dari suatu produk atau jasa dengan
jumlah cacat nol ( zero defects).
Tujuannya tidak hanya mengurangi produksi jumlah cacat pada barang tetapi juga
menghilangkan cacat pada organisasi itu. Six Sigma merupakan penilaian yang menandakan
“terbaik di kelasnya”, dengan hanya 3.4 cacat per juta unit atau produksi.
Penggunaan utama Six Sigma dalam mengukur nol cacat telah digunakan dalam industri
pabrik. Kebanyakan perusahaan pabrik AS rata-rata tingkatannya di bawah empat sigma. Di
tahun 1990, IBM pada tingkat rata-rata tiga sigma, sedangkan Motorola pada tingkat empat
sigma. Secara komparatif dapat dikatakan, industri apa pun, kebanyakan perusahaan rata-rata
terletak pada tingkat empat sigma pada awal 1990, dengan pengecualian tingkat kecelakaan
perusahaan penerbangan domestik terletak pada lima sigma.
Sebagai contoh, penanganan bagasi oleh perusahaan penerbangan, penulisan resep
dokter, pemrosesan gaji, tagihan rumah makan, dan voucher jurnal semua pada tingkat empat
sigma. Walaupun Six Sigma adalah suatu ukuran umum jumlah cacat nol di pabrik, beberapa
perusahaan sudah memperluas konsep nol cacat ini, diukur oleh Six Sigma, kepada kepuasan
pelanggan.

|Arti Statistik Six Sigma|
Secara statistik, sigma (∂) menandakan adanya penyimpangan dari suatu data. Sigma
juga merupakan suatu ukuran variabilitas yangmenandakan bagaimana semua data di suatu
distribusi statistik beragam rata-rata nilainya. Distribusi normal mewakili sekumpulan data di
dalam bisnis. Ketika data mengikuti suatu distribusi normal, 99.73 persen poin data menunjuk
pada ± tiga sigma dari rata-rata (Gambar 1). Misalkan suatu perusahaan menggunakan suatu
single-stage(one-step) proses dengan suatu variasi dari rata-rata untuk membuat suatu produk
di mana rata-rata nilainya adalah spesifikasi ideal produk itu. Selanjutnya spesifikasi disain itu
berada pada wilayah tingkat ± empat sigma variasi dari nilai rata-rata ideal ini. Sekitar 99.9937
persen dari produk berada pada wilayah empat sigma. Hal ini berarti ada 0.0063 persen di luar
cakupan itu . Ini menjelaskan bahwa jumlah dari 63 komponen per juta (cacat) yang akan
berada di luar cakupan yang ditetapkan itu , kedua-duanya di atas dan di bawah batas
spesifikasi.
63 komponen cacat yang diproduksi per jutaproduk tidak boleh terlalu besar jumlah
cacat (meskipun itu bukan nol). Tetapi, sebagai tambahan variasi alami dari suatu proses, telah
ditemukan rata-rata nilai itu peka terhadap suatu pergeseran sampa mencapai ± satu dan
setengah sigma (Gambar 2). Ketika hal ini terjadi, untuk single stagedi atas, 99.379 persen
produk berada pada cakupan ± empat sigma.
Gambar 1. Kurva Distribusi Normal 

Gambar 2. Kurva distribusi normal dengan pergeseran ± 1.5 sigma 


Ini akan menyebabkan 0.621 per sen atau sekitar 6,210 komponen per juta (cacat)
berada di luar batas spesifikasi itu (Gambar 2). Hasil itu (komponen yang tidak cacat)
berkurang secara signifikan Diskusi di atas didasarkan pada proses produksisingle-stage.
Kenyataannya produksi menggunakan proses multi-stagedan produk terdiri dari banyak
komponen. Setiap langkah dari keseluruhan proses dan masing-masing komponen menyangkut
tingkat kesalahan yang telah diuraikan di atas. Hasil independen statistik tiap langkah dikalikan
untuk mendapatkan hasil secara keseluruhan..
Selanjutnya dengan pertimbangan proses 100-stages, di mana masing-masing langkah
memiliki cakupan spesifikasi desain ± empat sigma.Keseluruhan hasil adalah 53.64 persen di
dalam batas spesifikasi. Hal itu akanmeninggalkan 46.36 per sen di luar batas itu , atau 463,600
komponen cacat per juta produk.
Kebanyakan pabrikan menggunakan proses tiga sigma untuk mencapai spesifikasi empat
sigma, menghasilkan sejumlah barang yang cacat. Bagaimanapun, ketika spesifikasi ditetapkan
pada tingkat ± enam sigma, mendekati hasil nol cacat. Ini dapat terjadi bahkan ketika rata-rata
proses bergeser dan prosesmulti-stagediikutsertakan. Keseluruhan hasil pada tingkat sigma
yang berbeda (batas spesifikasi), dengan proses  multi-stageatau komponen beragam
ditunjukkan pad Tabel I.
Jika suatu disain dapat menerima proses variasi ± enam sigma, yaitu. dua kali nya
variasi proses normal, kemudian 99.99966 persen produk akan berada di dalam spesifikasi atau
tidak akan ada lebih dari 3.4 komponen cacat per juta yang dihasilkan (Gambar 2). Ini adalah
proses single-stage. Bahkan ketika ada  100-stagedalam proses pabrikasi produk, tingkat
kecacatan hanya berjumlah 3,390 komponen per juta. Tabel II menunjukkan tiap tingkat
kecacatan berhubungan dengan tiap tingkat sigma.
Studi banding Motorola di seluruh dunia pada tahun 1986 menemukan bahwa
perusahaan yang terbaik di kelasnya menggunakan enam sigma (Six Sigma), sementara Motorola
hanya mempunyai kualitas empat sigma mutu. Banyak perusahaan beroperasi pada tiga sigma
dan sudah hampir tidak ada kesempatan  memproduksi produk bebas cacat. Untuk
membandingkan tingkatan sigma ini dapat dilihat contoh berikut ini. Ketika adanya kesalahan
dalam pengejaan kata, tiga sigma menulis kesalahan 7.6 kata-kata per halaman di dalam satu
buku. Tetapi, empat sigma menulis kesalahan hanya satu kata per bab dalam satu buku.,
sedangkan enam sigma menghasilkan kesalahan satu kata dalam semua buku yang ada di suatu
perpustakaan kecil. Hubungan yang logaritmis ini antar jumlah sigma dan kesalahan menandakan
bahwa semakin tinggi sigma semakin baik kualitas produknya
Tabel. Keseluruhan hasil ( distribusi bergeser ± 1.5 sigma) 
Tabel. Jumlah cacat per juta dan tingkat sigma.

|Mengdapatasi Six Sigma Ke Dalam Kepuasan Pelanggan-Suatu Studi Kasus|
Kepuasan pelanggan jarang didasarkan hanya pada hubungan dengan seseorang atau
satu aspek dari suatu perusahaan. Banyak segibisnis lainnya, seperti layanan pelanggan,
pengiriman produk atau jasa, mutu produk, dan lain lain berdampak pada kepuasan. Oleh karena
itu, kepuasan pelanggan adalah suatu proses multi-stagebukan suatu proses single-stage. Ini
berarti lebih sukar untuk menjangkau suatu tingkatan enam sigma dalam kepuasan pelanggan.
Di dalam survei kepuasan pelanggan yang dilakukan pada tahun 1991 dan 1992, peneliti
pada Service Strategies International, suatu perusahaan riset kepuasan pelanggan di Dallas,
mengukur tingkat kepuasan pelanggan pada berbagai perusahaan maju. Pelanggan menilai
kepuasan keseluruhan mereka terhadap perusahaan seperti halnya kepuasan mereka pada halhal yang spesifik. Berdasarkan tanggapan kira-kira 400 pelanggan pada setiap tahun, peneliti
menggunakan suatu analisa Six Sigma untuk mengukur peningkatan klien dari 1991 hingga 1992,
seperti halnya kinerjanya melawan pesaing pada keseluruhan kepuasan dan pada masing-masing
atribut ini.
Dengan menyediakan 32 atribut yang berhubungan dengan mutu jasa, produk, kinerja,
bidang melayani wakil, dan gambaran perusahaan, pelanggan menandakan apa yang mereka
harapkan dari perusahaan manufaktur yang ideal. Kemudian, pelanggan menilai kepuasan
mereka dengan perusahaan klien dan satu pesaing lain yang dianggap sebagai “terbaik di
kelasnya” pada 32 atribut yang sama. Pelanggan yang mempertimbangkan perusahaan klien
merupakan “terbaik di kelasnya” tidak menilai pesaing. Semua penilaian berada pada skala
sepuluh.
Dalam melaksanakan analisis Six Sigma, kinerja apa pun yang diberi nilai lima
menandakan adanya ketidakpuasan yang dirasakan oleh konsumen.. Gambar 3 menunjukkan
hasil perbandingan analisa klien Six Sigma padaatribut yang dipilih pada tahun 1991 dan 1992.
Tingkat rata-rata kepuasan dan tingkat sigma yang berhubungan ditunjukan oleh Tabel III.
Gambar 3. Perusahaan Manufakturing High-Tech tahun 1991 dan 1992
Analisis Six Sigma

Atribut yang ditunjukkan adalah atribut yang ditingkatkan tingkatan sigmanya oleh klien
pada tahun 1992. Pada tahun 1992, perusahaanklien berkurang atau memiliki banyaknya
pelanggan yang tidak puas yang jumlahnya tetap sebanyak dua dari 32 area yang diuji. Juga,
perusahaan klien telah memiliki lebih sedikit pelanggan yang tidak puas dibanding pesaing nya
satu dari 32 area. Pelangan klien juga menilai kepuasan keseluruhan mereka dengan skala satu
sampai empat, mulai dari sangat puas hingga sangat tidak puas.sama sekali.
Berdasarkan analisis six sigmayang ditemukan dalam kepuasan pelanggan, perusahaan
klien nampak sesuai dengan tingkat sigma yang dikembangkan Walaupun perusahaan klien terus
meningkatkan tingkat kepuasan pelanggannyai, tingkat six sigma mungkin sulit untuk dicapai
karena apa yang diharapkan konsumen secara terus menerus berubah (pada umumnya
meningkat).

|Efek Harapan Pelanggan|
Sementara hal itu adalah penting untuk mengurangi banyaknya pelanggan yang tidak
puas, keputusan bagaimana cara melakukan ini sebaiknya tidak dibuat secara acak. Pelanggan
merupakan daya penggerak di balik strategi peningkatan dan keputusan seperti itu. Studi
kepuasan pelanggan pada tahun 1991, harapan pelanggan bergerak dari 6.42 hingga 9.69 pada
skala sepuluh. Dapat dilihat bahwa atribut-atribut dengan tingkat penilaian harapan tertinggi
merupakan dimana perusahaan klien perlu memfokuskan diri untuk peningkatan.
Dari 11 atribut di mana perusahaan klienmemiliki pengurangan pelanggan yang tidak
puas di pada tahun 1992, hanya sebanyak lima di antara sepuluh atribut dengan harapan paling
tinggi pada tahun 1991. Empat dari sepuluh atribut dengan tingkat kepuasan tertinggi,
perusahaan klien melakukan pada tingkat sigma yang sama pada tahun 1992 sementara
pelanggan berkurang (lebih banyak pelanggan yang tidak puas) di satu atribut. Tingkat harapan
pada tahun 1991 dan 1992 dan hubungan tingkat sigma dengan 11 atribut dapat dilihat pada pada Perusahaan Manufakturing High-Tech.


|Peningkatan Yang Terfokus|
Peningkatan yang terfokus memerlukan suatu penekanan pada atribut dengan harapan
pelanggan yang tinggi. Oleh karena itu, dirasakan adanya keharusan mencapai tingkatan sigma
yang lebih tinggi untuk atribut ini. Pada tahun 1991, banyak harapan tinggi menujukan tingkat
performa sigma yang rendah, sementara peningkatan keseluruhan dapat dilihat pada tahun 1992

Seperti yang terlihat pada gambar bahwa atribut tersebut memiliki tingkat harapan
konsumen yang tinggi tetapi memiliki tingkat performa yang rendah. Hal ini menunjukkan untuk
melakukan peningkatan yang terfokus kepada konsumen. Kepuasan pelanggan bergantung pada
performa yang bebas kesalahan (error-free). Tetapi, tidak semua error-freemenggambarkan
pencapaian yang proporsional dalam kepuasan pelanggan. Sebaliknya, dalambeberapa kasus,
kepuasan pelanggan dapat diperoleh sekalipun tingkat six sigma belum tercapai. Hubungan
antara kepuasan pelanggan dan tingkat performasigma dapat dilihat pada gambat 6 dan 7.

Tingkat sigma yang lebih tinggi pada umumnya dirasakan oleh pelanggan jika
performanya telah ditingkatkan dengan mengalokasikan nilai kepuasan pelanggan.
Bagaimanapun, beberapa kasus yang muncul memerlukan analisa lebih lanjut. Tingkat sigma
yang lebih tinggi untuk atribut tertentu  belum tentu menunjukkan kepuasan pelanggan yang
lebih tinggi; sedangkan beberapa atribut dengan suatu nilai kepuasan yang lebih tinggi tidak
harus berada pada suatu tingkat sigma yang sangat tinggi. Tingkat signifikan dari atribut
mungkin perlu untuk diuji lebih lanjut pada kasus ini.
Hubungan antara harapan pelanggan, tingkat performa (sigma), dan nilai kepuasan
pelanggan untuk atribut yang berbeda perlu diteliti lebih lanjut seperti yang telah diuraikan di
atas. Analisa seperti itu bisa digunakan dalam pengembangan dari suatu strategi untuk
peningkatan yang terfokus.

|Zero Customer Defection|
Sementara perusahaan klien membuat produk mendekati tingkat zero-defects, kepuasan
pelanggannya juga berperan sebagai fungsi layanan pendukung. Sebagai tambahan, faktor
seperti pengetahuan industri dan kemampuan teknis juga relevan. Tingkat sigma pada saat ini di
bawah tingkat enam sigma. Meskipun demikian, kepuasan pelanggan secara konsisten tinggi
pada faktor ini (Tabel III). Karenanya, apabila nol cacat masih belum dicapai, kepuasan
pelanggan yang tinggi membawa ke arah kegagalan pelanggan (customer defections) yang lebih
rendah. Juga, kepuasan pelanggan sendiri adalah suatu target yang bergerak dengan perubahan
terus menerus di dalam harapan pelanggan.
Suatu tujuan yang lebih penting dari suatu perusahaan adalah dapat memfokuskan untuk
mencapai tingkat six sigma di dalam customer defections, ini untuk mencoba mencapai zero
customer defections. Nilai dari suatu pelanggan yang setia dan biaya pelanggan yang hilang
adalah dua hal yang mendorong untuk mencapai zero customer defections. Sebagai contoh,
suatu Home Depot toko yang menyediakan perlengkapan rumah tidak boleh kehilangan pembeli
karena telah memberikan kesetiannya selama setahun dalam berbelanja di toko tersebut dan
tentunya menaikkan profit toko tersebut.
Six sigma tidak berakhir pada penanganan  zero-defect. Seperti Motorola, kini
mengembangkan penggunaan Six Sigma ke area non teknis perusahaan itu. Kemajuan
pendekatan berkelanjutan Six Sigma pada Motorola telah menuju “ Six Sigma centred ”, atau
dengan tujuan dua cacat per milyar. Tiga spesifik area menekankan pada proses administratif,
customer-defineddan pengukuran mutu, serta peningkatan putaran waktu untuk pengenalan
dan perkembangan produk baru. Sebagai contoh, prosedur waktu penutupan pada laporan
keuangan tiap akhir bulan telah diperpendek dari waktu seminggu menjadi tiga hari. Usaha
peningkatan seperti itu akan berdampak positif terhadap kepuasan pelanggan


Sumber:
Ravi S. Behara ,Gwen F. Fontenot dan Alicia Gresham, Customer Satisfaction Measurement and
Analysis Using Six Sigma

Gambar: Metode Six Sigma Dan Kepuasan Pelanggan 


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 1:35 AM

0 comments:

Post a Comment