Brain Games Untuk Anak 2-3 Tahun

Posted by

Bermain bersama anak batita sangat menyenangkan, bahkan bayi yang masih sangat muda menikmati diadakan ayunan, gendongan dan pelukan. Kartu ini tentang bagaimana membantu untuk menumbuhkan otak manusia yang indah dengan bermain permainan yang berarti dengan mereka.
Apa itu dengan bernyanyi, menari, gendongan, pelukan, bicara, senyum atau perasaan yang dapat mendorong jalur otak anak-anak untuk membuat sambungan baru.

Bagaimana Cara Kerja Otak?Pada waktu usia anak 3 tahun, sel otak terdiri dari 1.000 trilyun sambungan. Beberapa sel otak disebut neuron, yang telah siap dengan kawat yang kuat ke sel lainnya sebelum lahir. Ini yang mengontrol fungsi hal-hal yang diperlukan untuk kelangsungan hidup tubuh.

Jaringan neuron-neuron menyambung dengan yang lain disebut sinapsis. Belajar dari yang pernah dipelajari bahwa puncak produksi dari sinapsis adalah sejak lahir hingga umur 10 tahun. Para ahli percaya bahwa simulasi pada bayi dan anak kecil dapat menerima urutan yang sudah tentu dengan sinapsis dari otaknya, menjadi kawat yang kuat.

Melalui pengulangan, koneksi otak menjadi permanen. Otak seorang bayi tumbuh subur pada umpan balik. Sambungan kawat itu untuk berpikir dan organ emosi dari beberapa pengalaman. Rangkaian yang terbentuk di otak mempengaruhi perkembangan anak. Anak belajar bahasa sejak lahir untuk belajar berbicara dengan baik, dengan seorang yang akan menemukan kemudahan dalam penyesuaian diri di kemudian hari. Dan bayi yang coos dipenuhi dengan senyum, bukan apatis, cenderung menjadi pribadi yang mau mendengarkan.

Temuan Penelitian BaruIlmuwan telah mempelajari banyak dalam 10 tahun terakhir tentang bagaimana kerja otak manusia dalam sejarah sebelumnnya. Penemuan mereka adalah bahwa pengalaman anak usia dini sangat membentuk otak bayi dalam merubah pola pikir, tentang kebutuhan anak-anak.

Baru-baru ini penelitian otak telah menemukan 3 penemuan kunci.. pertama, kapasitas seseorang untuk belajar dan berkembang dalam sebuah varitas dari pengaturan yang tergantung pada interaksi antara sifat (sumbangan genetik) dan memelihara (semacam perawatan, penerimaan pengajaran dan stimulasi).

Kedua,otak manusia adalah konstruksi yang baik selama tahun pertama kehidupannya.
Dan ketiga, ada kesempatan dan resiko besar selama tahun pertama kehidupannya, belajar mengambil tempat seluruh putaran kehidupan manusia.

Membuat Sambungan

Jalan terbaik untuk perkembangan sambungan otak bayi adalah memberi yang dibutuhkan, mulai dengan perhatian orang tua dan pemerhati-pemerhati.Bayi dan balita berkembang,tertarik untuk bereksplorasi dengan lingkungan, yang aman dan penuh dengan orang yang menanggapi kebutuhan emosi dan keperluan intelektual - seseorang yang akan bernyanyi pada mereka, memeluk mereka dan mengajak mereka bicara dan membaca untuk mereka.

Dalam semua sambungan otak tidak berarti untuk menekan belajar lebih dini, tapi membantu mengembangkan potensi untuk belajar ke masa depan. Ketika perkembangan otak terjadi seperti seharusnya, belajar untuk masa depan akan berhasil.

Permainan di kartu ini mengembangkan kapasitas otak bayi, batita dan anak 2 tahun. Mereka membangun blok dari belajar masa depan – sebuah kebaikan, awal keras untuk sesuatu yang kecil. Dan mereka juga bahagia.
 
Brain Games Untuk Anak Usia 24 - 27 Bulan
1. Melihat Wajah
Permainan ini akan membantu anak 2 tahun untuk berpikir tentang identitas.
Duduk bersama anak 2 tahun anda dan temukan gambar wajah di sampul majalah dan buku.
Tanyakan pada anak anda tentang ekspresi dari wajah tersebut.
Temukan gambar dari wajah seorang anak yang terlihat bahagia. Bedakan emosi dari setiap wajah di gambar dan ajak anak anda “ membuat wajah bahagia”
Tetap melihat gambar wajah bahagia.
Di lain hari dapat membedakan beberapa jenis ekspresi. Senang, sedih, konyol adalah ekspresi wajah orang, yang baik untuk dicoba.
Mencari ekspresi yang cocok dengan cara sesuai perasaan anak anda pada hari itu.

Apa kata para ahli?
Ketika anda mengekspresikan beberapa emosi, anda menstimulasi otak, karena hubungan emosi dan kimiawi akan membuat otak mengingat perbedaan perasaan itu.

2. Lihat Dirimu Sendiri
Ini adalah sebuah permainan yang indah yang membantu anak anda berpikir tentang perbedaan bagian-bagian tubuh dan untuk meningkatkan ketrampilan mengamati.
Katakan pada anak 2 tahun anda “jika kamu memakai sepatu, melompat dan turun”. Bantu anak anda dengan berkata “apakah kamu memakai sepatu? Lihat padaku dimana mereka.” Tunjuk sepatunya dan ajak dia untuk melompat dan turun. Anda dapat mempraktekkannya bagaiman cara melompat.
Setiap waktu tanyakan padanya tentang dirinya sendiri. Tunjuk bagian-bagian tubuhnya dan lihat bagaimana dia melakukannya.
 
Ini ada beberapa ide:
Jika anda memakai kaos kaki, berputarlah.
Jika anda memakai kaos, bertepuk tanganlah.
Jika anda memakai celana panjang, goyangkan kepala anda, naik turun.

Apa kata para ahli
Otak belajar menunjukkan bahwa orang tua dan pendidik memiliki kesempatan emas untuk mengembangkan otak anak, yang berarti memberikan lingkungan yang kaya, tanpa stress akademik yang tidak semestinya.

3. Bisikan
Berbisik-bisik membantu anak belajar mengatur suara. Sangat penting dari suara kesadarannya. Itu juga membuatnya banyak berkonsentrasi.
Anak berusia diatas 2 tahun menyukai berbisik-bisik dan sangat bangga ketika dapat melakukan itu.
Tetap berbisik-bisik dengan beberapa anak 2 tahun anda, atakana “mari kita bertepuk tangan”
Ajak anak diatas 2 tahun anda untuk berbisik sesuatu kepada anda.
Tetap berbisik sampai anak 2 tahun anda memahami bagaimana membuat suara lumbut. .

Apa kat para ahli
Setiap waktu anak menstimulasi sesuatu untuk berpikir, neural otak baru dibuat atau sebelum digunakan harus kuat, banyak neural otak yang lebih dulu atau lebih kuat. Banyak ilmu yang akan mengembangkannya.

4. Bebas Seperti Angin
Ini perasaan yang indah untuk memeluk skraf dalam tangan anda, bergerak mengikuti irama musik. Ini juga memberi anak anda ketrampilan keseimbangan dan control. Ini adalah permainan yang sangat kreatif dan anak anda akan menginginkan untuk bermain dan bermain lagi.
Mainkan beberapa musik instrumental seperti anda dengan anak anda berdansa dengan selendang
.Selendang menyambar tinggi di udara dan kemudian turan ke tanah.
Peluk selendang keluar sepertinya anda di dalam lingkaran.
Anda dan anak anda saling memeluk satu sama lain dan diakhiri dengan selendang dan menari bersama.
Apapun yang kamu lakukan, anak anda akan meniru anda.

Apa kata para ahli
Kapasitas anak untuk belajar dan berkembang dalam berbagai pengaturan, tergantung pada interaksi antara sifat (sumbangan genetic) dan memelihara (jenis perawatan, stimulasi dan mengajar cara mereka menerima)

BRAIN GAMES 27 - 30 BULAN 1. Pengulangan
Bermain permainan ini, dengan anak 2 tahun anda dimana anda mengulang kata-kata terakhir dari kalimat selama 3 menit.
Ini ada beberapa ide:
Apakah kamu menyukai es krim, krim, krim?
Dapatkah aku menyisir rambutmu, rambut, rambut.
Mari bermain dengan mainan, mainan, mainan.
Selama anda mengucap kata berulang, aksen dari kata dan ulangi mereka.
Darong anak 2 tahun anda untuk membuat kata-kata sendiri dan minta mereka mengulangi lagi.

Apa kata para ahli
Anak belajar bahasa dari kata yang pernah didengarnya dan didengarnya lagi. Bahasa adalah lingkaran ketrampilan yang akan menjadi sebuah system komunikasi yang utama.

2. Permainan Bau
Bermain dengan buah dan bunga menjadi jalan perkembangan pelatihan sensori anak anda.
Pilih 3 benda yang berbedayang memiyang jelas berbeda. Ini dimulai dengan makanan dan bunga, untuk contoh, bau yang menarik dating dari sebuah jeruk, acar, dan bunga bungur.
Ajak anak anda berpura –pura menjadi beruang yang berjalan dan beruang kecil berkata “Aku mencium sesuatu yang baik”. Sambil berpura-pura mengambil sebuah jeruk dari pohon jeruk. Ambil beberapa dari kulitnya dan ajak anak 2 tahun anda menciumnya.
Lanjutkan dengan benda yang kedua yang telah anda pilih. Dan katakana, beruang kecil “ mari kita duduk dirumput dan mencium bau ini lagi.
Terakhir katakana pada anak kecil anda, “apakah kamu menyukai rasa salah satu dari yang telh kita cium?” ketika anda mencoba anda mengenalkan pelatihan sensori yang lainnya.

Apa kata para ahli
Otak manusia adalah konstruksi yang unik untuk memnfaatkan kehangatan, ekspresi cinta dan merupakan guru yang baik terutama sekali selama tahun pertama kehidupannya.

3. Merasa Dalam Kata
Anak 2 tahun anda perkembangan bahasanya sangat cepat. Permainan ini bagus untuk mengembangkan ketrampilan bahasa dan imajinasinya.
Buat sebuah cerita dengan anak anda dan memakai nama anak anda di alamnya. Setiap waktu anda panggil namanya, dan bawa perasaanya dalam kata.
Untuk contoh: “suatu waktu ada di sana seorang gadis kecil bernama……(nama anak anda. Gadis kecil ini bernama……….(ajak anak anda merasa dalam kata) ia akan ke dapur untuk makan siang.
Dalam situasi di balik cerita itu akan mendorongnya untuk merasa dalam banyak formulir……(nama anak anda)
Buka lemari makan dan ambil sesuatu.
Percayakan pada anak anda, anda dapat membuat cerita sederhan atau komplit, yang panjang atau pendek.

Apa kata para ahli
Katakan kepada anak anda adalah jalan untuk mengembangkan ketrampilan bahasa di masa yang akan datang.

4. Burung Kecilku
Peluk anak anda dekat ketika anda akan mengucapkan sajak ini, untuk mempertinggi perasaan aman anak anda.
Katakan untuk menirukan sajak dan melakukan gerakannya:

Ini ada sebuah sarang
Semua hangat didalamnya
Dimana burung kecilku
Dapatkah berlindung dengan aman ( pakai selendang mengelilingi lengan anda dan anda dapat memeluk dia erat)

Di sini ada sebuah sarang
Semua pergi berlindung
Dimana burung kecilku
Dapat bernyanyi dan bermain ( beri anak anda mainan)
Di sini ada sebuah sarang
Semua di dalam
Dimana burung kecilku
Dapatkah untuk segera tidur (dekap anak kecil anda dengan lembut dan hangat ketika akan tidur)
Apa kata para ahli

Beberapa alat diantara anda dan karir mereka adalah biologis “kawat” ke tempat pandai besi yang mengikat emosi yang tertutup.

5. Syair Favorit
Banyak drama dan kelucuan yang dapat anda buat, biarkan anak anda menikmatinya, anak 2 tahun suka akan sajak, irama dan emosi yang menyebabkan timbul kata-kata, khususnya dalam sajak.
Ikuti sajak yang bagus untuk digunakan bersama anak anda.

- Hickory, dichory, dock
- Hey, diddle, diddle
- Jack and Jill
- Humpty dumpty
- Twinkle, twinkle, little star
- Mary had a little lamp
- Jack be nimble
- Pat-a-cake
Katakan sajak bersama anak 2 tahun anda. Buat drama dan coba beraksi dalam cerita

Apa kata para ahli?
Hubungan sebab akibat adalah komponen yang penting dari logika. Jika aku tersenyum ibu akan tersenyum juga. Perasaan membawa suatu hal yang menyebabkan sinapsis bentuk lain yang pada akhirnya akan mendorong konsep yang lebih kompleksdari hubungan sebab akibat.

6. Urutan Permainan
Urutan sangat penting untuk ketrampilan sebelum membaca. Membantu anak 2 tahun anda belajar yang bermanfaat bagi masa depannya.
Urutan berarti melakukan sebuah sesuatu yang berseri dalam sebuah kepastian pesanan atau pola. Itu juga berarti menkjadi pengulangan sebuah pola atau pesanan.
Membantu dalam hal yang sulit, contoh mencuci tangan anda, memakai baju, menggosok gigi adalah kegiatan yang bagus untuk memulai anak berpikir tentang urutan.
Dapat diajak mengikuti:
- Sekarang adalah waktunya kita cuci tangan
- Sekarang adalah waktunya kita cucui tangan
- Apa yang kita lakukan kemudian?
- Tanyakan pada anak anda apa yang akan dilakukan selanjutnya. Jika dia berkata “menggosok gigi” maka gantilah dengan kegiatan itu
Ada kegiatan baru setiap waktu.

Apa kata para ahli
Selama 3 tahun pertamanya, jumlah perkembangan anak akan membangun otak yang baru yang lebih komplek yang luar biasa, yang akan memungkinkan untuk berjalan, bicara, analisa, perhatian, cinta, bermain, eksplorasi dan telah mempunyai emosi sendiri yang unik.

7. Perburuan Harta Karun
Anak anda mencintai pencarian untuk menemukan harta karun di halaman.
Sembunyikan 3 benda harta karun di halaman.
Dasi pita atau kertas krep letakkan di dekat harta karun. Jadi mereka akan mudah menemukannya.
Katakan pada anak anda di depan ada harta karun yaitu benda-benda sebagai berikut ini:
- Mainan-mainan kecil yang disembunyikan di bawah beberapa daun.
- Mainan-mainan dalam suatu ranting yang rendah di pohon.
- Mainan-mainan di suatu ayunan atau akhir dari papan luncur.
Peluk dengan tangan anda anak 2 tahun anda, berjalan mengelilingi halaman dan mencari harta karun bersama.

Apa kata para ahli
Semua tentang otak adalah kemampuan belajar seluruh kehidupan. Tidak akan menghitung ulang lagi, ini banyak waktu untuk kegembiraan untuk belajar.

8. Melihat Genangan
Ini tentang aktivitas yang membangun ketrampilan berpikir. Mainkan permainan ini setelah hujan.
Pergi keluar dan temukan genangan air.
Jika diatas jalan, gambar garis di sekelilingnya dengan kapur.
Jika di area berlumpur/ becek, gambar garis mengelilinginya dengan tongkat.
Lihat sehari kemudian waktu air mengeriang, apa yang terjadi dengan air.
Ini memunculkan kalimat yang indah tentang apa yang terjadi dengan air.

Apa kata para ahli
Satu pengikat kuat untuk mengasuh anak dapat membantu seorang anak menahan stress biasa dalam kehidupan sehari-hari.

BRAIN GAMES 33 - 36 BULAN
1. Dimana Jack ?
Lagu yang beraksi akan menjadi kenangan bagi anak anda dan dia akan mendapat pengetahuan dengan baik dan akan mulai bergabung dengan kata-kata.
Katakan untuk mengikuti sajak dan melakukan aksi/gerakan lalu ajak anak 2 tahun anda untuk bergabung dengan anda.
Selama melakukan ( tetap berdiri)
Angkat tutupku( perlahan naikkan tangan anda di atas kepala)
Apa yang kamu lihat?
Shhh! Boo! (melompat dan naikkan tangan anda tinggi di udara)
Jack di dalam kardus.

Apa kata para ahli?
Masing-masing otak muda berbentuk hubungan-hubungan neuronal dan koneksi otot yang berurut diperlukan dari duduk, merangkak, berjalan, dan berbicara memiliki kecepatan sendiri.

2. Instrumen Musik
Menyeleksi instrument musik untuk anak 2 tahun anda memberi penjelajahan musik yang banyak macam.
Mulai dengan dram, stand block, kerincingan dan stik
Dram : pukul bagian pinggirnya, kemudian ketengan. Suaranya akan menjadi tinggi lalu merendah.
Stund block : gosok mereka bersama di dekat telinga ketika suaranya yang menyerupai sebuah kereta api.
Kerincingan : pukul diantara tempat yang berbeda untuk menghasilkan suara yang tinggi dan rendah.
Stik : pukulkan mereka diatara permukaan yang berbeda untuk menghasilkan suara yang berbeda. Pukulkan stik di atas lantai dan kemudian di meja maka akan membuat anak terkagum-kagum.

Apa kata para ahli?
Dr Mark Trano, seorang ahli saraf di sekolah kesehatan Harvard menyampaikan bahwa pengenalan ke musik menguatkan jalur saraf, seperti formasi jalur lainnya pada awal kehidupan, salah satunya musik yang akan berjalan terus.

3. Langkah Penuh Warna
Membangun ruang berpikir anak anda dengan memperluas gerakan dan mengajaknya untuk melakukannya.
Buat jalur kecil diatas piring kertas di lantai, gunakan 2 atau 3 warna berbeda.
Nyanyikan lagu favorit anda dan anak 2 tahun anda sambil berjalan di atas jalan kecil. Twinkle, twinkle little star adalah salah satu lagu yang bagus untuk digunakan.
Setiap anda menghentikan lagu, hentikan pula langkah anda. Jika anak anda tahu warna-warna, tanyakan padanya warna tempat anda berhenti.
Membnagun ruang berpikir anak dengan mengajaknya, “Ayo berjalan di samping piring, ayo berjalan di atas piring, ayo berjalan pengelilingi piring”.
Anda dapat melakukan gerakan yang lain, seperti melompat, meloncat, dan berjinjit.

Apa kata para ahli?
Selama periode genting yang panjang, serabut tipis dalam pertumbuhan otak membuat jalur kecil yang membawa impuls listrik dari sel untuk sel jaringan yang menghasilkan, yang setiap hari berkembang dalam otak anak –anak. Bentuk dasar neurogikal anak membangun ketrampilan-ketrampilan seumur hidup.

4. Permainan Anak Anjing
Permainan berpura-pura menciptakan peluang-peluang baru untuk stimulasi bahasa.
Tunjuk suatu area di ruangan itu sebagai kandang di mana anak-anak anjing bermain.
Berpura-pura menjadi anak, ayah dan ibu anjing, dengan mengajak anak 2 tahun anda berpura-pura menjadi anak anjing.
Tanyakan pada anak anjing kecil siapa namanya dan panggil namanya itu katika anda bermain permainan ini.
Anda dapat berkata, “bow, wow, woof, woof….. (nama anak anjing kecil itu)
Mari kita melompat keatas kandang, mengikuti arah itu dan bertanya pada anak anda untuk melakukan hal yang sama.
Terus memberi ide-ide untuk hal yang berbeda untuk melakukan hal-hal di dalam kandang, seperti melompat, berbaris, merangkak atau makan. Mengunyah tulang atau mungkin menyantap makanan ringan yang nyata, dalam kandang. Tanyakan pada anak anda untuk ide-idenya.

Apa kata para ahli?
Otak manusia berkembang paling cepat dengan membentuk kelahiran menjadi 6 masa, para ahli setuju yaitu kepribadian, sikap kejujuran, konsep diri, bahasa, keahlian mengatasi, dan pola pembelajaran di tempat semasa umur 3 tahun.

Referensi:

TK Bintang Bangsaku, Jakarta


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 4:02 AM

0 comments:

Post a Comment